Manfaat dan keutamaan mengucapkan sallam | Ibenk msv

May202011

Assallamualaikum wr. Wb



Allah SWT berfirman dalam Surat Al-Hasyr Ayat 23:
ﻫﻮ ﺍﻟﻠﻪ ﺍﻟﺬﻱ ﻻ ﺇﻟﻪ ﺇﻻ ﻫﻮ ﺍﻟﻤﻠﻚ ﺍﻟﻘﺪﻭﺱ ﺍﻟﺴﻼﻡ‎‎
ﺍﻟﻤﺆﻣﻦ ﺍﻟﻤﻬﻴﻤﻦ ﺍﻟﻌﺰﻳﺰ ﺍﻟﺠﺒﺎﺭ ﺍﻟﻤﺘﻜﺒﺮ ﺳﺒﺤﺎﻥ ﺍﻟﻠﻪ
ﻋﻤﺎ ﻳﺸﺮﻛﻮﻥ )ﺍﻟﺤﺸﺮ: 23(

“Dialah Allah,tidak ada ilaah
(sesembahan) yang layak kecuali Dia,
Maha Rajadiraja yang Maha Suci,Maha
Sejahtera,Maha Mengaruniai rasa aman,
Maha Memelihara,Maha Perkasa,Maha
Kuasa, Maha Memiliki segala keagungan.
Maha Suci Allah dari segala yang mereka
persekutukan”



(Al-Hasyr: 23)
Didalam ayat ini, As-Salaam (Maha
Sejahtera)
adalah satu dari Nama-nama Agung Allah SWT Kini, Kita akan
mencoba untuk memahami arti,
keutamaan dan penggunaan kata Salam.
Sebelum terbitnya fajar Islam, orang
Arab biasa menggunakan ungkapan-
ungkapan yang lain, seperti Hayakallah
(yang artinya semoga Allah menjagamu
tetap hidup, kemudian Islam
memperkenalkan ungkapan "Assalamu‘alaikum Artinya, semoga kamu terselamatkan dari segala duka, kesulitan dan nestapa

Ibnu Al-Arabi didalam kitabnya Al-
Ahkamul Qur’an mengatakan bahwa
Salam adalah salah satu ciri-ciri Allah
SWT dan berarti Semoga Allah menjadi
Pelindungmu..
Hal ini dapat dijelaskan dengan alasan-alasan berikut ini
1. Salam bukan sekedar ungkapan kasih-
sayang, tetapi memberikan juga alasan
dan logika kasih-sayang yang di
wujudkan dalam bentuk doa
pengharapan agar anda selamat dari
segala macam duka-derita. Tidak seperti
kebiasaan orang Arab yang mendoakan
untuk tetap hidup, tetapi Salam
mendoakan agar hidup dengan penuh
kebaikan.

2. Salam mengingatkan kita bahwa kita
semua bergantung kepada Allah SWT.
Tak satupun makhluk yang bisa
mencelakai atau memberikan manfaat
kepada siapapun juga tanpa perkenan
Allah SWT.

3. Perhatikanlah bahwa ketika seseorang
mengatakan kepada anda“Aku berdoa
semoga kamu sejahtera”Maka ia
menyatakan dan berjanji bahwa anda
aman dari tangan (perlakuan)nya, lidah
(lisan)nya, dan ia akan menghormati hak
hidup, kehormatan, dan harga-diri anda.

Ibnu Al-Arabi didalam Ahkamul Qur ’an
mengatakan:

Tahukah kamu arti Salam?
Maksud salam adalah Orang yang
mengucapkan Salam itu memberikan
pernyataan bahwa ‘kamu tidak terancam
dan aman sepenuhnya dari diriku’
Kesimpulannya, bahwa Salam berarti:
(i)Mengingat (dzikr) Allah SWT
(ii)Pengingat diri
(iii)Ungkapan kasih sayang antar sesama Muslim
(iv) Doa yang istimewa, dan
(v) Pernyataan atau pemberitahuan bahwa anda aman dari bahaya tangan dan lidahku

Sebuah Hadits merangkumnya dengan indah:
“Muslim sejati adalah bahwa dia
tidak membahayakan setiap Muslim yang
lain dengan lidahnya dan tangannya ”
Jika kita memahami hadits ini saja,
sudahlah cukup untuk memperbaiki
semua umat Muslim. Karena itu
Rasulullah Muhammad SAW sangat
menekankan penyebaran pengucapan
Salam antar sesama Muslim dan beliau
menyebutnya sebagai perbuatan baik
yang paling utama diantara perbuatan-
perbuatan baik yang anda kerjakan.
Ada beberapa Sabda Rasulullah, SAW
yang menjelaskan pentingnya ucapan
salam antar seluruh Muslim.
Diriwayatkan oleh Abu Hurairah RA
bahwa Rasulullah SAW bersabda:
“Kamu tidak akan masuk Surga kecuali bila kamu beriman. Imanmu belumlah lengkap sehingga kamu berkasih-sayang satu sama lain. Maukah kuberitahukan kepadamu sesuatu yang jika kamu kerjakan, maka akan menanamkan dan memperkuat kasih-sayang diantara kamu sekalian? Tebarkanlah ucapan salam
satu sama lain, baik kepada yang kamu
kenal maupun yang belum kamu
kenal”(HR. Muslim)


Sekian frend mudah2an bermanfaat, mari kita senantiasa slalu mengucapkn sallam kpd sesama mudah2an kita smua,y slalu di beri rahmat n hidayah serta selalu dlm lindunganya Amien

NB: mohon maaf bila ada salah2 kata dalam penulisan artikel ini mohon di ingatkan,TERIMA KASIH akhir kasa ucapkan
Wallaikumsallam wr.wb


www.ibenkmsv.mywapblog.com
Share on Facebook Share on Twitter

Comments

33 responses to "Manfaat dan keutamaan mengucapkan sallam | Ibenk msv"

Andihicks on 03:55 AM, 20-May-11

Met pgi kang keren abiss artikelnya...
Beruntung bnget pgi2 aquh udch dapet serapan ilmu agama dari sini....

Ibenk Msv on 04:01 AM, 20-May-11

Terima kasih kang andihick...smile
mudah2an bermanfaat...mrgreen

Moek Cobacoba on 04:08 AM, 20-May-11

Met sang bro. Brmnfaat bgt.
Met jum'atan ,

Ibenk Msv on 04:20 AM, 20-May-11

Yoi sobat moex...met menunaikan ibadah shalat jumat jg..smile

RamdaN2478 on 04:24 AM, 20-May-11

Assalamualaikum...... mrgreen

RIAN FT.E on 04:57 AM, 20-May-11

manteb , bermanfaat bnget sob artikelnya,,biggrin

Wisma on 05:39 AM, 20-May-11

pas! Dpt tambahan lg ilmu.trimakasih

Gunturalif on 06:35 AM, 20-May-11

mantep..bener2 bermanfaat artikelnya..

Ibenk Msv on 07:07 AM, 20-May-11

Ramdan: walaikum sallam omsmile

riant: thanks om mudah2an bermanfaatsmile amien

Ibenk Msv on 07:09 AM, 20-May-11

Wisma: sama2 omsmile

guntur: mudah2an amiensmile

Ykubnay on 07:27 AM, 20-May-11

Alhamdulillah maksh bang

Erick on 07:36 AM, 20-May-11

Lainx sih oke bos.. Cuma perlu ralat di NB nya ada kata akhir kasa. Ane rasa mau tulis akhir kata ya.. Hehe..biggrin

Wawan93 on 07:42 AM, 20-May-11

Assalamu alaikum wr. wb.
Sobat ibenk... Sebuah artikel yg sngt brmaanfaat... Sukses sob biggrin

Wawan93 on 07:42 AM, 20-May-11

Assalamu alaikum wr. wb.
Sobat ibenk... Sebuah artikel yg sngt brmaanfaat... Sukses sob biggrin

Ibenk Msv on 08:07 AM, 20-May-11

Ykubnay: thanks om

erick: alhamdulilah berarti om erick bener2 nyimak artikel saya, thanks om dah ralat,,,

Ibenk Msv on 08:08 AM, 20-May-11

Wawan: sukses juga buat kamu sob thanks

™©RINA©™ on 08:09 AM, 20-May-11

mantap pak usthat...

Ibenk Msv on 11:11 AM, 20-May-11

Rina: thanks bu de...smile

Ulan Wahyu Ewa on 12:07 PM, 20-May-11

Aku nambhin dkit gan..
Kata bg ali di islam ktp..
Mencuri yg halal t yaitU mencuri setiap org membrikan slam..
Mksd na jK Ad org yg membri slam biar bkn uTK Qt tp qt blh mNjwb na..
Hehe..biggrin
K0q jd ceramah y..

Ibenk Msv on 12:11 PM, 20-May-11

Sip sist ulan thanks dah nambahin hehesmile

diyon22 on 12:26 PM, 20-May-11

assalamualaikum kang.
Baru di cat ya kang rumahx? Masih basah mrgreen

Ibenk Msv on 02:20 PM, 20-May-11

Wallaikum sallam om dyon iya nih lagi tahap acak2an hehehe

Rao on 03:01 PM, 20-May-11

Yg begIni yg ane dEmen

Erna Fitriani on 10:44 PM, 20-May-11

pencerahan nie..
Sip bgt..

zendhill on 10:55 PM, 20-May-11

Mbari baca artikel ini mbari ngopi rasane tambah siiiiippp.......

Ibenk Msv on 02:36 AM, 21-May-11

Rao: hehedemen apa,y nie haha XDsmile

erna: terimakasih bu de....smile

Ibenk Msv on 02:37 AM, 21-May-11

Zendhil monnggoo brodsmile

bewoxstars on 03:02 AM, 21-May-11

[h2]wahaaha... maf sob baru bisa berkunjung..
hp ane lagi bojrod..mohon doanya ya biar cpet sembuh hpny,
sip postinganya,,
lanjuuuuuttt,,
hehe[h2]

Ibenk Msv on 04:07 AM, 21-May-11

Wokey kang bewoxxxx moga cepet sehat istri,ysmile

Tyan on 07:53 AM, 21-May-11

terimakasih atas ilmunya,sangat bermanfaat dr mr.green(mrgreen)

Ibenk Msv on 09:35 AM, 21-May-11

Tyan: hehehesmile

Jongos on 11:33 AM, 21-May-11

Paling buntut nech!nyemak aja za

Gunturalif on 01:18 PM, 21-May-11

kmbali lg mencari pencerahan jiwa

Subscribe to comment feed: [RSS] [Atom]

New Comment

[Sign In]
Name:

Email:

Comment:
(You can use BBCode)

Security:
Enable Images


 
Back to Top